Beberapa
tahun belakangan ini cara orang melamar kerja sudah mengalami pergeseran. Dari yang biasanya lewat Pos sekarang sudah biasa melamar kerja lewat Email. Dengan
semakin membaiknya layanan internet dari operator terutama operator major
seperti Telkomsel, Indosat, XL dll yah walaupun dari segi harga masih lumayan
mahal khususnya bagi kalangan menengah kebawah namun tingkat pengguna layanan
internet semakin hari semakin tinggi. Aktifitas masyarakat di abad 20 tidak
akan jauh dari internet ini, bahkan semua kalangan lekat dengan internet mulai dari anak-anak yang senang bermain game
online, para remaja yang hobby bersosial media, sampai pada orang dewasa yang
sibuk dengan bisnisnya entah itu bisnis online ataupun bisnis offline. Para ibu
rumah tangga tidak mau ketinggalan untuk menyenangkan hati suami, ibu-ibu
teladan ini memanfaatkan internet untuk mencari info resep masakan, info
kecantikan, kesehatan dll.
Jika
ibu rumah tangga saja sudah lihai berinternet Ria. Apalagi perusahaan yang
seharusnya menjadi pelopor teknologi informasi. Maka tak heran perusahaan-perusahaan ini sudah lama menerima
lowongan kerja via email atau melalui surat elektronik. Yang menjadi kendala
adalah anak sekolah yang baru lulus Sekolah Menengah Kejuruan SMK dan Sekolah
Menengah Atas SMA yang ingin memulai debut pertamanya sebagai calon tenaga
kerja. Dan juga karyawan senior yang dengan alasan tertentu ingin mencari
peruntungan dengan melamar kerja di perusahaan yang lebih baik. Karyawan senior
ini tentu belum tahu cara melamar pekerjaan lewat email. Dan beliau juga pasti
tidak tahu bagaimana cara mengirim berkas lamaran pekerjaan via e-mail.
Berkas Lamaran Pekerjaan Yang Harus Dipersiapkan
Sebelum
mengirim lamaran kerja lewat email, siapkan dulu berkas lamaran kerja yang
dibutuhkan seperti :
1.
Surat Lamaran Kerja
2.
Daftar Riwayat Hidup
3.
Ijazah (Depan Belakang)
4.
SKHUN
5.
Transkip Nilai
6.
KTP
7.
NPWP
8.
Pas Foto
9.
Kartu Kuning
10.
Kartu Keluarga
11.
Akte Kelahiran
12.
Surat Keterangan Dokter
13.
SKCK
14.
Paklaring
Semua
berkas tersebut di scan kecuali Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup
diketik, dijadikan satu file dalam format PDF. Setelah berkas lamarannya sudah
siap sekarang waktunya mengirim lamaran kerja lewat email ke perusahaan yang
membuka lowongan.
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email / Surel
Pertama-tama
buka email anda. Sekarang ketik alamat tujuan pada kolom pertama (kolom TO).
Jangan
lupa mengetik Judul Email di kolom Subject, ini penting agar email lamaran anda
dibaca oleh HRD. Jika tidak ada subject alih-alih dibaca lamaran anda malah
akan dibuang ke folder trash. Kolom subject diisi sesuai dengan tujuan email
itu yakni lamaran kerja, posisi yang diinginkan, dan nama pengirim (nama anda).
Dikolom
Body Email, tulislah salam pembuka terlebih dahulu misalnya :
Kepada
PT. Angin Ribut Indonesia. Atau,
Dear
HRD PT EPSON
Kemudian
tuliskan maksud anda untuk melamar pekerjaan dan mengisi posisi yang tersedia
di perusahaan tersebut. Tuliskan juga sekilas tentang diri anda dan kelebihan
serta keahlian yang anda miliki untuk mendapat pertimbangan lebih awal dari
pihak penerima pekerjaan. Diakhiri dengan salam penutup
Jangan
lupa, gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar karena bahasa orang kantoran adalah bahasa formal. Dan lagi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar anda akan terlihat lebih profesional.
Contoh Format Email Lamaran Kerja
Format Email Lamaran Kerja |
Sekian
artikel saya, mohon maaf bila ada salah-salah kata. Saran dan kritik bisa
dikirim lewat komentar. Terima kasih
0 Komentar
Penulisan markup di komentar