cara membuat website komunitas dengan wordpress - Lucu.GA

06.54
Hari ini tanggal 27 Juli 2016. Ini adalah hari resmi saya berencana membuat atau membangun situs komunitas dengan menggunakan mesin blog Wordpress dan community plugin yang belum saya putuskan akan menggunakan plugin yang mana. Dan mungkin saya akan butuh plugin tambahan.
Perlu pembaca ketahui, tulisan/ artikel ini bukan sebuah tutorial melainkan semacam catatan harian. Tujuannya buat saya agar lebih focus dan konsisten, saya juga berharap ada manfaat yang didapat oleh siapapun yang membaca catatan ini. Terutama bagi pembaca yang memang mempunyai rencana yang sama dengan saya^^. Sama-sama ingin membangun website komunitas atau boleh juga disebut website sosial media.

Sekitar dua hari yang lalu saya sudah mendapatkan domain gratis dari sebuah situs reseller domain. Sebenarnya domain tersebut tidak benar-benar gratis, melainkan gratis hanya untuk satu tahun saja. Untuk tahun selanjutnya wajib membayar. Tapi karena ekstensi domain yang saya beli bukan ekstensi domain populer semacam dot com, maka harganya pun lebih murah. Mungkin hanya sekitar $5 (Lima Dollar) per tahun. Nama domain nya : lucu.ga / sebagai informasi domain tersebut berekstensi GA. 

Bisa diakses hanya dengan mengetik : lucu.ga di browser
cara konfigurasi domain ke web hosting gratis 000webhosting
domain lucu.ga berhasil di install


Sementara untuk hostingnya saya masih menggunakan hosting gratis selamanya dari penyedia hosting yang sebenarnya sudah saya kenal mungkin sejak tahun 2009.
Karena saya membeli domain gratis dan hosting gratis di dua perusahaan berbeda. Saya perlu melakukan sedikit konfigurasi nameserver agar situs saya kelak bisa diakses dimanapun dan oleh siapapun.

CARA SETTING NAME SERVER DOMAIN HOSTING GRATIS


Urutan konfigurasinya kurang lebih seperti ini : Login ke penyedia hosting lalu klik Control Panel
control panel web hosting gratis 000webhosting
akun hosting gratis

Lalu klik menu Account Details
cara konfigurasi name server di control panel web hosting gratis
Control Panel


Seleksi Nameserver lalu copy
melihat nameserver di control panel
Copy nameservers disebelah kiri

Login ke penyedia domain cari menu Manage Domain lalu klik.
cara setting domain gratis
Pilih Manage Domain

Arahkan kursor ke menu Management Tools lalu pilih Nameservers.

mengelola domain gratis dan pengaturan nameserver default
Klik Management Tools - pilih Nameservers


Pilih Use Custom Nameservers. Lalu paste Nameservers yang tadi di copy ke kolom Nameserver 1

cara merubah nameserver
Pilih Use Custom - Isi Nameserver 1 & 2


Kembali ke halaman Nameservers di penyedia hosting. Copy nameservers yang ada dibawahnya. Kembali lagi ke halaman nameservers penyedia domain lalu paste di kolom Nameserver 2. Untuk kolom nameserver 3 dan seterusnya biarkan kosong. Selesai

Menurut pengalaman saya, setelah langkah diatas kita lakukan dengan benar. Nama domain tersebut tidak bisa langsung diakses. Butuh waktu entah berapa lama, paling cepat 30 menit bahkan bisa satu dua hari.
Sampai disini dulu catatan cara membuat situs website dengan domain dan hosting gratis ini. Kalau tidak ada aral melintang, besok saya akan menginstall system wordpress ke localhost lalu mencoba melakukan test pada satu atau beberapa plugin yang saya butuhkan untuk membangun situs komunitas pada website lucu.ga
Terima kasih telah membaca catatan kecil ini, dan sampai jumpa di lain kesempatan. Ditunggu komentarnya ya^^






Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔