Penyebab Hasil Fotocopy Belang dan 3 langkah mengatasinya

02.13
Penyebab hasil fotocopy miring, hasil fotocopy buram, buram sebelah, hasil fotocopy belang, bergelombang, hasil fotocopy kurang tajam bisa macam-macam. Namun yang dibahas dalam artikel ini adalah penyebab hasil fotocopy tidak merata atau belang atau bergelombang kayak Tsunami Jepang hehe yang disebabkan roll magnet tidak rata. Maksudnya tinta yang menempel pada magnet roll tidak merata, sehingga menyebabkan hasil fotocopy tidak rata atau hasil fotocopy belang. Lihat gambar dibawah.
penyebab hasil fotocopy belang

Jika juragan punya masalah hasil fotocopy belang seperti diatas jangan buru-buru panggil teknisi, sayang duit hehe. Artikel ini berlaku untuk hasil fotocopy belang ir 6570, ir 5000, imageRUNNER ir 5065 dan mesin fotocopy canon ir type lainnya. Agan bisa melakukan service fotocopy secara mandiri, namun harus hati-hati ya terutama bagi yang jarang bongkar mesin di bagian developing fotocopy. Jika juragan ragu boleh memanggil teknisi, saat teknisi fotocopy beraksi agan temani beliau sambil belajar, kalau perlu rekam pakai video amatir. Pakai CCTV juga boleh kalau ada. Tapi kalau agan yakin bisa melakukannya sendiri, maka siapkan dulu alat-alatnya yaitu :
Obeng – Untuk membuka baut/ screw, bisa dibeli di toko listrik
Kapas – Untuk membersihkan Magnet Roll, bisa dibeli di warung atau apotik
Brasso atau Sanpoly – Sebagai cairan pembersih, bisa dibeli di toko alat teknik
WD – Untuk membersihkan roda kelahar/ spicer
Tang Spi – Untuk membuka ring spi magnet rol, bisa dibeli di toko alat teknik
Setelah peralatan teknisi fotocopy sudah lengkap, mulailah bekerja. Jangan lupa mengucap Basmalah ya Gan, padahal ane juga sering lupa loh hehe XD
Sesuai judul artikel ini akan mengupas bagaimana memperbaiki hasil fotocopy yang belang atau buram sebelah hanya dengan 3 langkah saja.

Langkah Pertama
Lepaskan Developing Unit dari mesin dengan cara buka pintu samping – buka baut single dibelah kiri menggunakan obeng – lepaskan plat pelindung developing dengan cara geser kekanan lalu tarik – lepaskan kabel konektor developing – lalu tarik developing unit secara perlahan. Lepaskan magnet roll dari housing developing unit menggunakan tang spi – lalu kuras semua tinta baik dari developing unit maupun magnet roll. Gunakan tissue, kain majun, atau kain yang berbahan lembut. Kalau perlu gunakan compressor untuk memastikan developing unit dan magnet roll benar-benar bersih dari tinta dan kotoran lain. Namun ingat, harus tetap hati-hati ya.

Mungkin video ini bisa membantu, klik : Cara Membuka Developing Mesin Fotocopy
Langkah Kedua
Oleskan Cairan pembersih (Brasso/ Sanpoli) pada unit magnet roll menggunakan kapas. Oleskan secara menyeluruh dan merata untuk memastikan unit magnet roll benar-benar bersih. Setelah dirasa cukup, gunakan kapas untuk menghilangkan cairan pembersih yang menempel pada unit magnet roll. Pastikan agar tidak tersisa bekas cairan sedikitpun pada magnet roll untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bersihkan juga roda kelahar yang berada disisi kanan dan kiri magnet roll, jika putarannya tidak lancar bisa menyemprotkan WD agar lancar kembali.

Langkah Ketiga
Pasang kembali magnet roll pada unit Developing, lalu masukkan kembali unit developing kedalam mesin. Jangan lupa untuk menyambugkan kembali kabel konektornya ya. Setelah developing unit terpasang dengan benar, lakukanlah beberapa copy untuk mengetes apakah hasilnya sudah bagus. Jika sudah bagus Alhamdulillah, pekerjaan agan berakhir sukses. Jika belum bagus, ulangi langkah – langkah sebelumnya dengan lebih teliti. Jika dirasa sudah dilakukan dengan benar tapi hasilnya belum bagus maka ada kemungkinan magnet roll perlu diganti.



Terima kasih sudah membaca artikel tiga langkah mengatasi masalah hasil fotocopy tidak normal ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, amin.

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Matur sembah nuwun bos infonipun

Balas
avatar

Abang fotokpy sy 6020 hasil copynya bagus namun sering muncul garis putih vertikal bahkan ada yg lebih dari satu garis selebar batang pensil.

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔