Contoh Email Lamaran Kerja CV Yang Baik dan Benar

06.35
Beberapa tahun belakangan ini cara orang melamar kerja sudah mengalami pergeseran. Dari yang biasanya lewat Pos sekarang sudah biasa melamar kerja lewat Email. Dengan semakin membaiknya layanan internet dari operator terutama operator major seperti Telkomsel, Indosat, XL dll yah walaupun dari segi harga masih lumayan mahal khususnya bagi kalangan menengah kebawah namun tingkat pengguna layanan internet semakin hari semakin tinggi. Aktifitas masyarakat di abad 20 tidak akan jauh dari internet ini, bahkan semua kalangan lekat dengan internet  mulai dari anak-anak yang senang bermain game online, para remaja yang hobby bersosial media, sampai pada orang dewasa yang sibuk dengan bisnisnya entah itu bisnis online ataupun bisnis offline. Para ibu rumah tangga tidak mau ketinggalan untuk menyenangkan hati suami, ibu-ibu teladan ini memanfaatkan internet untuk mencari info resep masakan, info kecantikan, kesehatan dll.

Jika ibu rumah tangga saja sudah lihai berinternet Ria. Apalagi perusahaan yang seharusnya menjadi pelopor teknologi informasi. Maka tak  heran perusahaan-perusahaan ini sudah lama menerima lowongan kerja via email atau melalui surat elektronik. Yang menjadi kendala adalah anak sekolah yang baru lulus Sekolah Menengah Kejuruan SMK dan Sekolah Menengah Atas SMA yang ingin memulai debut pertamanya sebagai calon tenaga kerja. Dan juga karyawan senior yang dengan alasan tertentu ingin mencari peruntungan dengan melamar kerja di perusahaan yang lebih baik. Karyawan senior ini tentu belum tahu cara melamar pekerjaan lewat email. Dan beliau juga pasti tidak tahu bagaimana cara mengirim berkas lamaran pekerjaan via e-mail.

Berkas Lamaran Pekerjaan Yang Harus Dipersiapkan

Sebelum mengirim lamaran kerja lewat email, siapkan dulu berkas lamaran kerja yang dibutuhkan seperti :
1.      Surat Lamaran Kerja
2.      Daftar Riwayat Hidup
3.      Ijazah (Depan Belakang)
4.      SKHUN
5.      Transkip Nilai
6.      KTP
7.      NPWP
8.      Pas Foto
9.      Kartu Kuning
10.  Kartu Keluarga
11.  Akte Kelahiran
12.  Surat Keterangan Dokter
13.  SKCK
14.  Paklaring
Semua berkas tersebut di scan kecuali Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup diketik, dijadikan satu file dalam format PDF. Setelah berkas lamarannya sudah siap sekarang waktunya mengirim lamaran kerja lewat email ke perusahaan yang membuka lowongan.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email / Surel

Pertama-tama buka email anda. Sekarang ketik alamat tujuan pada kolom pertama (kolom TO).
Jangan lupa mengetik Judul Email di kolom Subject, ini penting agar email lamaran anda dibaca oleh HRD. Jika tidak ada subject alih-alih dibaca lamaran anda malah akan dibuang ke folder trash. Kolom subject diisi sesuai dengan tujuan email itu yakni lamaran kerja, posisi yang diinginkan, dan nama pengirim (nama anda).
Dikolom Body Email, tulislah salam pembuka terlebih dahulu misalnya :
Kepada PT. Angin Ribut Indonesia. Atau,
Dear HRD PT EPSON

Kemudian tuliskan maksud anda untuk melamar pekerjaan dan mengisi posisi yang tersedia di perusahaan tersebut. Tuliskan juga sekilas tentang diri anda dan kelebihan serta keahlian yang anda miliki untuk mendapat pertimbangan lebih awal dari pihak penerima pekerjaan. Diakhiri dengan salam penutup

Jangan lupa, gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar karena bahasa orang kantoran adalah bahasa formal. Dan lagi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar anda akan terlihat lebih profesional.

Contoh Format Email Lamaran Kerja

contoh format email lamaran kerja
Format Email Lamaran Kerja


Sekian artikel saya, mohon maaf bila ada salah-salah kata. Saran dan kritik bisa dikirim lewat komentar. Terima kasih

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔