Cara Install Wordpress di Localhost Lucu.GA

03.51
Sebelum saya memulai tulisan ini, saya ingin mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang masih memberikan saya dan para pembaca kesempatan. Ya, kesempatan yang sangat berharga yang sayang jika dilewatkan.
Pada tulisan sebelumnya yang saya beri judul : cara membuat website komunitas dengan wordpress - Lucu.GA saya telah mencatat sedetil mungkin bagaimana cara membuat website dengan domain dan hosting gratis berikut penjelasan konfigurasi nameserver hingga domain tersebut bisa diakses melalui internet.

 

Perlu saya ingatkan kembali, tulisan ini bukanlah tutorial melainkan catatan /diary/ jurnal yang gunanya bagi saya agar bisa lebih fokus pada proyek yang sedang saya kerjakan. Dan saya berharap pembaca juga mendapatkan manfaat dari tulisan ini, so keep reading ya sob ^^

 

Hari ini tanggal 28 Juli 2016 sekitar pukul sebelas Waktu Jawa Barat, saya akan melakukan instalasi mesin blog wordpress ke dalam localhost.

 

CARA INSTALL WORDPRESS DI LOCALHOST

XAMPP WEB SERVER

Langkah-langkah instalasi wordpress sebagai berikut :

Pertama-tama Download web server nya. Ada beberapa pilihan untuk web server ini dan khusus pada catatan ini saya menggunakan web server xampp. Tidak ada alasan khusus selain karena software ini memang gratis, kenapa saya memilih xampp buatan Steffen Strueber ini. Sebelumnya saya sudah pernah menggunakan web server lain yaitu PHPTriad. Web server yang saya gunakan adalah web server xampp versi 1.8.1.

 

Error: Apache shutdown unexpectedly.

14:35. Tadi sempat mencoba install xampp versi terbaru, ternyata gagal. Xampp latest version hanya bisa digunakan di windows 7 ke atas. Sementara saya masih menggunakan windows xp sp3. Bukannya computer/ CPU saya tidak mampu memakai windows 7. Tapi ada beberapa hardware saya yang tidak compatible dengan windows 7 misalnya Bluetooth dan scanner. Jadi bagi pengguna windows lawas seperti windows 2003 dan xp sebaiknya download xampp versi 1.8.1 atau 1.8.2. untuk anda yang ingin mendownload gunakan link ini : download xampp version 1.8.1 for windows xp dan download xampp version 1.8.2 for windows xp

Saya kembali menggunakan xampp versi 1.8.1. tapi ada yang aneh, servernya mati otomatis setelah dihidupkan. Lalu muncul Error: Apache shutdown unexpectedly.
cara mengatasi Error: Apache shutdown unexpectedly.

Googling sebentar langsung ketemu solusinya. Ternyata masalahnya ada di file httpd.conf bisa diakses di xampp/apache/conf/httpd.conf. Cara mengatasinya : Buka file httpd.conf dengan notepad. Cara membuka file tersebut buka notepad terlebih dahulu tekan CTRL + O lalu cari file httpd.conf. Setelah dibuka lalu cari baris kalimat ini LoadModule ssl_module modules/mod_ssl.so dengan menekan CTRL + F. setelah ketemu tambahkan tanda “#” dibagian depan sehingga menjadi #LoadModule ssl_module modules/mod_ssl.so. Selesai.

UPLOAD WORDPRESS TO LOCALHOST
Sekarang xampp sudah normal kembali. Untuk upload data saya tinggal melakukan copy paste folder wordpress ke xampp/htdocs. Foldernya saya beri nama : lucu.
copy paste folder wordpress ke htdocs localhost
upload wordpress folder lucu ke root localhost

Wordpress yang saya gunakan kemungkinan wordpress versi terbaru karena saya mendownloadnya belum lama. Download wordpress latest version di sini : https://wordpress.org/download/

MEMBUAT DATABASE BARU PHPMYADMIN

Sebelum melakukan install wordpress, terlebih dulu buat database baru dengan cara : ketik http://localhost/phpmyadmin ketika nama database lalu klik tombol buat. saya membuat database baru dengan nama : lucu.
cara membuat database di phpmyadmin
Membuat database baru bernama lucu

Sekarang waktunya melakukan install wordpress dengan mengetik http://localhost/lucu. akan muncul halaman setup-config.php seperti gambar dibawah ini.
informasi database di perlukan untuk install wordpress

Melalui halaman setup-config.php diatas wordpress meminta agar mengumpulkan beberapa data sebelum melanjutkan. Data yang dimaksud antara lain :
1.      Database name à nama database yang baru saja dibuat lucu
2.      Database Username à secara default username untuk localhost adalah root
3.      Database password à secara default password untuk localhost dibiarkan kosong
4.      Database Host à nama hostnya adalah Localhost
5.      Table Prefix à digunakan apabila kita ingin menginstall lebih dari satu wordpress kedalam satu database.

Setelah semua dipersiapkan, klik Let’s go!

19:50 Nah sekarang tinggal isikan data yang sudah dikumpulkan ke masing-masing kolom yang tersedia. Untuk table prefix saya biarkan sesuai bawaan wordpress karena saya tidak berniat menginstall multi blog. Setelah selesai klik Submit.
nama database username password install wordpress
mengisi data untuk koneksi ke database

Jika tampil halaman seperti gambar dibawah itu pertanda baik, nampaknya semua berjalan normal. Tinggal klik Run the install
wordpress berhasil terhubung ke database
wordpress sudah terkoneksi dengan database mysql

Sekarang saya berada dihalaman untuk mengisi beberapa informasi yang berkaitan dengan situs yang saya buat. Tidak perlu khawatir meski ada kesalahan informasi yang sudah di isi bisa dirubah kemudian. Informasi username dan password saya simpan supaya tidak lupa. Setelah dirasa sudah lengkap, tinggal klik Install wordpress
pengaturan dasar blog wordpress
isi informasi mengenai situs 

Alhamdulillah, wordpressnya sudah terinstall, bisa dilihat pada halaman install seperti gambar di bawah ini. Saya akan coba login menggunakan username dan password yang tadi saya buat untuk masuk ke halaman admin / dashboard.
form login wordpress
login form pertama


20:18 Dan Berhasil!

 

Oke sampai disini dulu ya sob

29 Juli 2016 pukul 1:18 (Lagi lembur)

Berikutnya saya akan mencoba salah satu atau lebih plugin social media terbaik untuk situs komunitas lucu.ga

 


Sampai ketemu di lain kesempatan ^^

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔