Warisan Budaya Dunia di Kizhi Island dan Rumah Pohon Mewah di Chile

02.49
Tidak terlalu jauh dari finlandia kita akan bergerak sedikit kearah timur laut (lihat peta biar lebih akurat).
tempat wisata danau onega dan kizhi island rusia
Danau Onega nan asri dan Pulau Kizhi di tengahnya
Rusia. Ya kita akan ke
Medvezhyegorsky, Karelia, Rusia disana ada sebuah pulau, Kizhi Island namanya. Statusnya sebagai pulau tidak berada ditengah laut melainkan ditengah danau Onega. Jadi Pulau Kizhi ini mirip dengan Pulau Samosir di tengah danau Toba Sumatera Utara. Sebenarnya Pulau Kizhi lebih cocok disebut sebagai museum sejarah atau pulau sejarah.

Sebagai pecinta sejarah, di pulau ini anda akan menemukan sebuah maha karya pada abad 17. Yaitu sebuah gereja yang kaya akan kubah nan indah total ada 22 kubah. Sepintas gereja dengan cupolas-nya ini mirip bangunan yang menjadi ikon kota Moskow ibu kota Rusia. Saya lupa nama bangunannya, anda tahu ? menariknya karena gereja ini dibangun pada abad ke 17 kalau tidak salah tahun 1714 (selesai dibangun tahun 1862)  artinya itu sekitar 150 tahun yang lalu maka keseluruhan bangunan gereja nyaris terbuat dari kayu termasuk kubah, paku, mur, dll. Pada jaman itu mungkin orang Karelia belum mengenal besi. Mungkin anda bertanya bagaimana merangkainya menjadi sebuah bangunan tanpa paku, dan saya sudah menyiapkan jawabannya mereka nenek moyang Rusia itu menggunakan system interlocking wooden joinery.

Disamping gereja Transfiguration Church setinggi 37 meter itu, ada sebuah gereja berukuran lebih kecil yang hanya memiliki 10 kubah namanya Intercession Church ditengah-tengahnya berdiri menara lonceng yang juga terbuat dari kayu. Eh sebentar, apakah lonceng buatan Sysoj Osipov ini juga terbuat dari kayu? Berarti kayak bedug dong ya hehe. Tidak masalah sebenarnya toh kubahnya juga mirip kubah mesjid. Tahun 1990 komplek gereja yang biasa disebut Kizhi Pogost ini sudah di akui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Selain gereja kita juga bisa menemukan kincir angin, rumah, kapel, lumbung, puluhan ribu perabot rumah tangga yang rata-rata terbuat dari kayu, serta manuskrip kuno berusia 300 tahun.
Yang tak kalah menarik adalah penduduk asli Karelia yang sudah mendiami pulau ini sejak abad ke 13. Kebudayaan timur dan barat yang mereka padukan merupakan ciri khas yang menarik yang layak disaksikan secara langsung.
 
gereja abad 17 warisan budaya dunia rusia
22 ikon agama dalam gereja kizhi pogost

gereja kizhi pogost di pulau kizhi
Gereja Kizhi Pogost tampak seperti masjid
gereja kizhi pogost dengan kereta kuda
Gereja Kizhi Pogost at Kizhi Island
gereja musim dingin rusia
Gereja Musim Dingin dalam kompleks Kizhi Pogost
interior gereja abad 17
Interior abad 17 dalam gereja kizhi pogost
kincir angin dari kayu
Kincir Angin Kayu abad 17
pulau kizhi dilihat dari udara
Kizhi Island museum sejarah Rusia
peta rusia kizhi island
Peta Lokasi Kizhi Island
peta kizhi island rusia
Rute Perjalanan ke Kizhi Island
gereja kizhi pogost tampak seperti mesjid
Kizhi Pogost Gereja Kayu Tertinggi di Dunia
pulau kizhi rusia dijadikan sarana out bond
Indahnya Kizhi Island cocok untuk sarana out bond
seorang nenek rusia karelia menggendong kucing
Seorang Nenek Asli Karelia
upacara penduduk karelia di kizhi island rusia
Penduduk Asli Karelia Rusia 
pesta dansa penduduk asli karelia rusia
Pesta Rakyat Karelia Kizhi Island Rusia
gereja kizhi pogost dilihat dari danau onega
Indahnya Kizhi Pogost di Kizhi Island dan Danau Onega
peta kizhi island dan fasilitas tempat wisata rusia
Peta Kizhi Island ditengah danau Onega - Rusia


Montana Magical Lodge, Rumah Pohon Mewah ala Chile

jembatan serambi menuju hotel montana magical lodge chile
Dari Rusia kita terbang jauh ke Amerika Selatan, tepatnya di cagar alam huilo huilo, Chile disana ada sebuah hotel bintang empat, unik, mirip sarang semut. Tapi kalau dari namanya “Montana Magical Lodge” hotel ini pastinya ingin menyerupai puncak gunung. Tangganya juga unik, melingkar - mengerucut dari bawah ke atas. Interiornya terbuat dari kayu yang sengaja dibiarkan dalam bentuk aslinya, meliuk-liuk seperti ular, tidak diserut hanya diamplas lalu diplitur agar mengkilap. Bahkan ada bak mandi air panas yang dipahat dari batang pohon raksasa. Orang yang pernah menginap di hotel ini merasa ia seperti tinggal didalam rumah pohon. Dari puncaknya air jatuh bagai air terjun membasahi seluruh sisi hotel yang dindingnya terbuat dari batu alami dan dinding itu ditumbuhi rerumputan yang tumbuh secara alami pula. Ada yang bilang air terjun itu berasal dari sungai Huilo-huilo. Nilai jual utama hotel ini menurut saya adalah suasananya yang damai karena letaknya yang berada jauh ditengah hutan tropis. Benar-benar eksotik.

Hotel ini tidak terlalu tinggi sebenarnya hanya lima lantai saja, dan hanya terdiri dari 13 kamar. Namun diluar hotel ini masih tersedia kamar penginapan yang letaknya tidak terlalu jauh. Untuk datang kesini kita harus meniti jembatan kayu kecil atau serambi, kalau dikampung saya namanya rambin. Ujung jembatan ini berada persis di pintu masuk hotel. Fasilitas di hotel berbintang empat ini cukup lengkap ada restoran, spa, mini golf, hiking trails, arum jeram, dan pemandangan cagar alam biological huilo huilo dari ketinggian 458 meter dari atas jembatan kecil tadi. Seru sekaligus menantang yah.

Yang paling menarik ialah disini kita akan melihat secara langung rusa paling imut di dunia, rusa pudu. Tapi sebelum datang kesini saya menyarankan agar anda belajar bahasa spanyol yah paling tidak sedikit-sedikit. Atau setidaknya bawa kamus bahasa spanyol agar tidak terjadi miskomunikasi dengan pelayan yang rata-rata tidak bisa berbahasa Inggris.
air terjun dari atas hotel montan magical lodge chile
air terjun dari atas hotel montana magica lodge

peta tempat wisata cagar alam huilo huilo chile
peta lokasi montana magica lodge
hotel montana ditengah hutan
tempat wisata huilo huilo chile
hotel unik dindingnya ditumbuhi pohon
Serambi kecil menuju hotel montana magica lodge
peta tempat wisata montana magical lodge
Peta Lokasi tempat wisata montana magica lodge Chile
rusa terkecil di dunia rusa pudu
Rusa Terkecil Di Dunia Rusa Pudu
hotel di tengah hutan interiornya terbuat dari kayu asli
Hotel di Tengah Hutan


Oke, dari artikel pertama Tempat Wisata Anti Mainstream Indah dan Berkesan kita telah menjelajahi tiga benua Asia, Eropa, dan Amerika. Pertama-tama kita ke Thailand Utara dimana disana ada White Temple dari seorang seniman nyentrik, lalu ke Cat Island di Jepang dengan kucingnya yang lucu, dari Jepang kita ke Irlandia melintasi jalan angker sekaligus indah Bregagh Road atau lebih dikenal dengan sebutan The Dark Hedges. Terus perjalanan kita lanjutkan ke kota kecil Saariselka, Finlandia. Menikmati aurora salah satu maha karya Tuhan yang amat menakjubkan. Bergerak kea rah barat kita menuju Khizi Island menyaksikan peradaban masyakarat Karelia pada abad ke 17. Dan yang terakhir kita terbang semakin jauh dari Indonesia yaitu ke Huilo huilo, Chile, Amerika Selatan, menuju sebuah hotel nan eksotis. Tidak ada salahnya kita berlama-lama di hotel ini mengingat fasilitasnya yang lumayan lengkap. Tapi jangan lupa menjaga kesehatan ya, siapa tahu kita masih memiliki kesempat menjelajahi benua lainnya J. Akhir kata, selamat menikmati perjalanan anda dan sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya. Bye-bye ^^

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔