membuat sosial media dengan wordpress dan buddypress

05.17
30/07/2016 Sore menjelang petang. Pada artikel sebelumnya yang berjudul Cara InstallWordpress di localhost, proses instalasi wordpress sudah berhasil dan sudah bisa diakses melalu url : http://localhost/lucu

INSTAL PLUGIN BUDDYPRESS DI WORDPRESS

Tugas selanjutnya memasang plugin sosial media paling popular yang sudah di download oleh ratusan ribu pengguna. Buddypress bukan satu-satunya plugin sosial media, tapi inilah yang terbaik yang saya dapatkan setelah mencari berjam-jam. Dan saya harap saya tidak menyesal memilihnya.
Bagi pembaca yang ingin mendapatkan plugin ini secara gratis silahkan mengunjungi situs resminya di sini: download Buddypress lastversion.

Setelah di download saya tinggal copy paste / upload plugin nya ke : xampp/lucu/wp-content/plugins
cara install plugin buddypress di wordpress

Lalu ketik url : http://localhost/lucu/wp-login untuk login ke dashboard wordpress. Lalu arahkan kursor ke menu plugins yang ada disebelah kiri lalu klik Installed Plugins. Aktifkan plugin buddypress dengan cara klik link activate. Muncul tulisan Welcome to BuddyPress pertanda plugin tersebut sudah aktif. Langsung klik Get Started untuk melakukan beberapa pengaturan.
plugin buddypress 2.6.1.1 berhasil di install


21:11. Ada tiga halaman pengaturan yang terdiri dari Component, Pages, Options. Pada halaman Component BuddyPress menampilkan total 10 component lengkap dengan penjelasan / kegunaan / fungsinya 6 component active, 4 component inactive, 2 component Must-Use, dan 1 component Retired.

COMPONENT BUDDYPRESS PLUGIN

Saya akan mencoba sedikit menerangkan setiap komponen berdasarkan deskripsi yang ada dihalaman component.

1.      Extended Profiles (Active). Component ini berguna bagi member, dimana dengan komponen ini member bisa memperbaharui alias mengupdate profil dan membuat sedikit penjelasan tentang diri member. Selasa, 2 Agustus 2016
2.      Account Settings (active). Komponen ini digunakan oleh member untuk mengubah akun dan mengatur pemberitahuan/ notifikasi.
3.      Friend Connections (Inactive). Mengijinkan member menjalin hubungan dengan pengguna lain dan melacak aktifitasnya serta focus pada orang yang sangat disenangi. Komponen ini mungkin mirip dengan fungsi follow di twitter. Untuk membuktikannya lebih baik kita coba sendiri^^
4.      Private Messaging (Inactive). Komponen ini memungkinkan member mengirim pesan singkat ke pengguna lain. Komponen ini juga bisa digunakan untuk berdiskusi dengan sejumlah pengguna, bukan terbatas pada dua pengguna saja. Agak mirip dengan forum diskusi ya.
5.      Activity Streams (Active). Komponen ini akan menampilkan semua aktifitas member. Ini kayak update status di facebook dan twitter.
6.      Notifications (Active). Posisi komponen ini berada dibagian atas, gunanya untuk memberitahukan kepada member aktifitas apa saja yang ada kaitannya dengannya. Dengan komponen ini member bisa mengatur pemberitahuan sesuai keinginannya seperti yang terdapat pada komponen Account Setting. Komponen ini memang harus ada di situs komunitas ^^
7.      User Groups (Inactive). Komponen ini digunakan oleh member untuk membuat group baru. Mungkin mirip dengan group yang ada di facebook.
8.      Site Tracking (Inactive). Komponen ini untuk mengetahui jumlah aktifitas (posting dan komentar) di situs kita.
9.      BuddyPress Core (Active). Untuk memastikan semua komponen berfungsi, komponen ini wajib di aktifkan.
10.  Community Members (Active). Seperti halnya dengan BuddyPress Core, komponen yang satu ini pun harus di aktifkan.

setting component buddypress plugin


13.55 Saya tidak melakukan perubahan apapun pada component page ini, saya biarkan komponen yang tidak aktif tetap tidak aktif. Suatu saat jika saya membutuhkannya, saya akan kembali ke halaman ini dan mengaktifkannya.

PAGES BUDDYPRESS PLUGIN

Halaman pages ini berguna untuk mengintegrasikan halaman wordpress dengan komponen BuddyPress yaitu Member dan Activity Stream. Juga integrasi halaman registrasi member baru serta aktivasinya. Pada halaman ini saya rasa tidak ada juga yang perlu dirubah. Tampaknya BuddyPress sudah mengatur defaultnya cukup sesuai dengan kebutuhan^^. Kita lanjut ke halaman Option
pages buddypress plugin

OPTION BUDDYPRESS PLUGIN
Halaman Option mengijinkan kita untuk melakukan beberapa pengaturan diantaranya :
MAIN SETTING
1.      Toolbar                        : Menampilkan Toolbar dimana di Toolbar ini terdapat menu Logout untuk member
2.      Account Deletion        : Mengijinkan member untuk menghapus akun mereka.
PROFILE SETTING
1.      Profile foto uploads    : Mengijinkan member mengunggah foto profile
2.      Cover image uploads  : Mengijinkan member mengunggah gambar cover
3.      Profile Syncing           : Sinkronisasi antara profil BuddyPress dengan Profil Wordpress
ACTIVITY SETTING
1.      Blog & Forum comments : Mengijinkan komponen activity stream memberikan komentar pada blog dan forum
2.      Activity Auto-refresh : update terbaru ditampilkan otomatis pada halaman activity stream
activity setting buddypress plugin

Pada halaman Option ini, hanya Blog & Forum comments saja yang tidak diaktifkan oleh BuddyPress. Dan sekali lagi saya tetap membiarkannya demikian. Jika saya memang butuh, saya tinggal membuka halaman ini kembali dan mengaktifkannya. Semudah itu^^.
MEMBUAT HALAMAN MEMBER DAN ACTIVITY PAGE
15:17 Untuk memudahkan navigasi, saya akan coba membuat menu Member dan Activity mengikuti pengaturan Pages BuddyPress Plugin. Caranya Arahkan mouse ke Appearance terus centang Member di kolom Pages, ketik nama menu di kolom menu name (sebelah kanan) lalu klik Create Menu
member page dan activity page

Centang member (lagi) di kolom page dan klik Add to Menu

membuat menu di wordpress

Setelah menunya muncul disebelah kanan kemudian saya centang Primary Menu dan Social Link Menu di Menu Settings terus klik Save Menu. Untuk membuat menu Activity, centang Activity di kolom page dan klik Add to Menu kalau menunya udah tampil disebelah kanan centang Social Link Menu dan Primary Menu  di Menu Setting. Ketik nama menu di kolom menu name dan klik save menu. Selesai

Menu Member dan Activity sudah tampil di halaman web. Saya akan coba membuka halaman activity dan membuat status pertama saya. Asyyiiikkk ;)

Tunggu sebentar, saya mohon pamit mandi dulu sambil memikirkan status terbaik untuk di update. BRB ….
16:17 Dan inilah status pertama saya :

cara membuat status pertama di sosial media

status pertama berhasil dibuat
Sekarang mari kita beralih ke halaman Member, lakukan hanya dengan mengklik menu member yang berada sejajar dengan menu Activity.
Pada halaman member saya bisa melihat bagian paling atas ada form untuk mencari member berdasarkan username. Dibawahnya menampilkan jumlah member. Dibawahnya lagi ada dropdown menu untuk mengatur bagaimana list member ingin ditampilkan apakah berdasarkan 1. Yang terakhir Aktif  2. Yang baru bergabung atau 3. Alphabet.

Dibawahnya lagi ada list member yang aktif disertai dengan navigasi berupa link yang mengarah pada halaman activity dan halaman member tersebut. Saya coba klik link username member yang mengarah ke halaman member saya. Dihalaman member saya ini terdapat banyak link navigasi, diantaranya :
1.      Activity : activity stream yang ada dalam halaman member.
2.      Profile : link yang mengarah pada pengaturan profil. Di menu Profile ini terdapat 4 menu yaitu View, Edit, Change Profile Photo, dan Change Cover Image. Didalam menu edit hanya terdapat form untuk merubah nama username..
3.      Notification : Untuk menampilkan pemberitahuan yang belum dilihat
4.      Setting : Di dalam Menu Setting ini terdapat 3 menu yaitu General (Mengubah email dan password), Email (Mengatur pemberitahuan via email), dan Profile Visibility (Siapa saja yang boleh melihat profil kita)
5.      Personal : Ketika menu Personal ini di klik saya diarahkan kembali ke halaman member.
6.      Mentions : Menu ini mungkin akan menampilkan aktifitas apa saja yang menyebut (mention) nama kita
7.      Favorites : Menu ini mungkin akan menampilkan aktifitas apa saja yang kita sukai

halaman profil sosial media


17:32 Saya rasa cukup sampai disini dulu. Untuk pertemuan berikutnya saya berencana mengganti theme wordpressnya dengan theme yang lebih sesuai dengan plugin buddypress. Saya juga berencana menambahkan plugin tambahan seperti BBpress dll.

Sampai jumpa
Jangan lupa komen ya ^^

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔