design website sosial media dengan theme wordpress terbaik - lucu.GA

05.32
04 Agustus 2016 - Hi Kind Netter ^^
Hari ini saya akan mengganti theme wordpress sosial media untuk situs lucu.ga seperti yang sudah saya rencanakan pada artikel sebelumnya yang berjudul Membuat Sosial Media dengan Wordpress dan BuddyPress. 

THEME WORDPRESS TERBAIK UNTUK BUDDYPRESS

Dan saya sudah menemukan theme yang bagus. Mudah-mudahan saya tidak salah pilih ya. Sedikit informasi, theme ini bernama BP Magic dan theme ini kebetulan satu author dengan plugin BuddyPress. Ini dia sekilas gambaran BP Magic
merubah theme wordpress dengan theme BP Magic

Dari screenshoot diatas kita bisa melihat wordpress theme yang akan digunakan ini cukup colorfull, rapi dan yang terpentig gratis ^^. Dibagian paling atas sebelah kanan terdapat menu Notifications, My account, terus form pencarian lengkap dengan menu dropdown untuk kategori pencarian. Dibawahnya berderet menu navigasi antara lain Activity, Groups, Register, dll. Sepertinya menu ini butuh sedikit modifikasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kita beralih kesebelah kiri, bagian paling atas menampilkan logo website. Dibawahnya ada foto profil member, username dan tombol logout. Dibawahnya berjejer rapi kebawah menu navigasi untuk member, diantaranya ada : activity, profile, sites, messages, friends, groups, forum, setting, dan logout. Dibawahnya lagi ada widget Recently Active Member yaitu menampilkan foto profil member yang sedang online.

Kita beralih kebagian tengah., dibagian ini terdapat konten blog dengan format dua kolom. Saya suka dengan ide dua kolom ini. Dibagian atas konten blog, seperti biasa ada judul, dibawah author, dibawahnya lagi gambar, terus ringkasan artikel. Lalu bagian paling bawah ada link continue reading, terus ada juga icon komentar di pojok kanan bawah.

Dari tengah kita pindah ke bagian kanan. Paling atas ada form pencarian konten website. Dibawahnya ada widget member multi-tab. Tab pertama ada newest atau member terbaru, tab kedua ada active yaitu member yang sedang online, tab terakhir ada popular yakni member terpopuler. Dibawahnya lagi ada widget group multi-tab yang terdiri dari newest, active dan popular.
Theme BP Magic theme wordpress untuk website sosial media

Ketika menu activity aktif dan halaman activity pun terbuka seperti gambar diatas. Sekarang sudah tampak seperti website sosial media. Dibagian atas ada form untuk update status, dibawahnya sebelah kiri ada tombol update kalau disebelah kanan ada menu drop down untuk memilih di halaman mana status ini akan ditampilkan. Lanjut ke bawah ada menu navigasi seperti : All Members, My Friends, My Groups, My Favorites, dan Mention. Dibawahnya lagi sebelah kiri ada icon feed, disebelah kanan ada menu drop down untuk memilih apa yang ingin ditampilkan pada halaman activity ini. Terus kebawah bisa kita lihat aktifitas apa saja yang kita lakukan. Keren ya ^^.

CARA MENGGANTI THEME WORDPRESS DENGAN MUDAH

Kalau begitu langsung download saja themenya disini : Download best social media wordpress theme for buddypress
sedikit informasi, wordpress theme yang saya download adalah : PB Magic versi 1.1.1 update terakhir bulan Oktober 2015. BP Magic Wordpress Theme ini sudah di test pada plugin BuddyPress versi 2.3.4
Ekstrak file yang sudah di download lalu pindahkan ke xampp/htdocs/lucu/wp-content/themes
mengganti theme wordpress dengan mudah

Masuk ke dashboard via url http://localhost/lucu/wp-admin Setelah masuk ke dashboard wordpress, arahkan kursor ke appearance lalu klik themes. Arahkan kursor ke BP Magic lalu klik activate (BRB Makan siang dulu^^).

13: 35 - Saya coba buka halaman website lucu.ga untuk melihat perubahannya setelah theme wordpress diganti, tampaklah seperti gambar dibawah ini
home page BP Magic wordpress theme

Masih jauh dari kata keren seperti screenshoot paling atas, sepertinya saya masih banyak pekerjaan nih. Untuk bagian paling atas sebelah kanan sudah oke. Dibawahnya baru ada dua menu yaitu Activity dan member, menu yang saya buat di artikel sebelumnya. Mungkin nanti bisa ditambahkan lagi menunya. Di bagian atas sebelah kiri logonya belum ada, terus foto profilnya kok tidak tampil yah ? username sama tombol logout oke. Dibawahnya lagi ada menu navigasi yang berderet rapi kebawah tapi tidak selengkap yang saya lihat di screenshoot paling atas. Menu yang ada hanya : Activity, Profile, Notifications, Settings, dan Log Out. Nanti kalau sempat saya akan coba satu persatu bagaimana link tersebut bekerja.

Dibagian tengah masih dijejali widget bawaan wordpress, sedangkan blog-postnya terpojok dibagian bawah. Dan sidebar kanan kosong melompong. Pasti widget-widget itu ketarik ketengah karena blog-postnya Cuma satu. Mudah-mudahan dugaan saya benar (Update : dugaan saya salah).

Untuk pengaturannya saya bisa menjadikan halaman dokumentasi yang dibuat author sebagai panduan. Dan saya berharap ada blog yang membahas ini  sebagai referensi tambahan. Buat pembaca yang ingin membaca dokumentasi BP Magic bisa dengan mengunjungi link berikut : BP Magic docs

Ok kita lanjut ya.  Pertama-tama masuk ke pengaturan theme dengan cara : buka halaman admin dashboard wordpress theme, arahkan kursor ke Appearance lalu klik BP Magic Options. BP Magic Theme Options di tampilkan. Pada menu General Setting ada form untuk upload Logo dan Favicon. (BRB mau bikin logo dulu XD)

16:24 - Logonya udah selesai nie……..
logo lucu

CARA MEMBUAT FAVICON

Untuk membuat favicon saya tinggal buka situs favicon-generator.org pilih image yang mau dijadikan icon lalu klik create favicon. Muncul halaman download, tinggal klik link download. Selesai

Kembali ke BP Magic Theme Option, menu General Setting, klik Browse untuk upload logo.  Klik Select file, lalu pilih logo dari computer. Terus dibagian klik insert into post. Lakukan hal yang sama pada favicon. Kolom header script saya biarkan kosong untuk sementara, lain kali saya pasti membutuhkannya.
Saya pindah sedikit agak kebawah, ada menu Home Setting, menu ini untuk pengaturan home page. Saya tidak melakukan perubahaan apa-apa pada Home Setting.
Turun lagi kebawah ada menu Design. Di menu Design ini ada pengaturan background alias latar belakang, gambar bisa di repeat secara pertikal atau horizontal atau dua-duanya.
Pindah satu langkah kebawah ada menu Fotter Setting, pada menu ini lagi-lagi saya tidak melakukan perubahan apa-apa.
Lanjut ke bawah ada menu Import / Expoert Options. Pada menu ini kita bisa melakukan backup pengaturan yang sudah dibuat.
Dan yang terakhir ada menu Theme Information. Menampilkan informasi ringkas seputar BP Magic Themes.

Rasa-rasanya tidak ada perubahan yang berarti ya, bahkan logo dan favicon tidak dapat ditampilkan. Hanya satu yang terjawab, foto profilnya akan tampil apabila komputer tersambung ke internet karena saya menggunakan foto profil online dari gravatar^^.

Hmmmm, baiklah saya akan coba menambahkan beberapa posting dan gambar untuk melihat apakah ada perubahan berarti.

MENGELOLA WIDGET BLOG WORDPRESS
18:29 – Saya sudah menambahkan tiga posting baru dan mengedit posting yang sudah ada serta memasukkan gambar pada setiap posting. Saya juga pergi ke Appearance - Widgets dan melihat widget apa saja yang sedang digunakan dan yang tidak digunakan. Ternyata oh ternyata widget semacam Archives, categories, recent comments, dll yang seharusnya ada di sidebar malah nyasar ke Home Page Top Widget Area. Karena saya ingin tampilan website lucu.ga ini tampak seperti gambar paling atas dari artikel ini, maka widget nyasar tadi tidak saya geser ke sidebar melainkan ke kiri, ke tempat dimana widget non aktif berada. Dan widget bawaan BP Magic theme seperti widget Recently Active Member saya pindahkan ke Sidebar Left, widget BuddyPress Member saya geser ke sidebar right. Dan sekarang tampilannya sudah mulai mendekati.
mengelola widget buddypress di wordpress

Yang jadi pr sekarang adalah
1.      Logo dipojok kiri atas tidak tampil
2.      Icon dipojok kiri paling atas (sejajar title) tidak tampil, yang tampil justru icon BP
3.      Gambar di posting tidak tampil
4.      Widget group tidak ada. Apa karena belum ada group yah ?

Solusi untuk poin 4. Pergi ke Setting – BuddyPress. Di menu Components aktifkan User Groups. Di artikel sebelumnya komponen ini memang belum diaktifkan. Pergi lagi ke Appereance – Widgets. Widget BuddyPress Groups sudah ada di sebelah kiri, artinya belum aktif. Aktifkan widget tersebut dengan menggesernya ke sidebar right. Letakkan dibawah member. Satu PR terselesaikan, tiga sisanya saya tinggalkan.

Wokeh, saya cukupkan sampai disini dulu ya, lain kesempatan kita sambung lagi. Doakan saya panjang umur, murah rezeki dan.. hmmm ;)

Bye Kind Netter……..

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔