Setting BP Magic Wordpress Theme lucu.ga

05.11
Melanjutkan artikel sebelumnya yang berjudul Design Website Sosial Media dengan Theme Wordpress Terbaik – lucu.GA. baiklah saya akan memulai artikel ini dengan sebuah gambar, silahkan lihat kebawah. Oh ya sebelumnya saya akan tampilkan pr yang belum selesai dulu untuk mengingatkan kembali
1.      Logo dipojok kiri atas tidak tampil
2.      Icon dipojok kiri paling atas (sejajar title) tidak tampil, yang tampil justru icon BP
3.      Gambar di posting tidak tampil
home page sosial media tanpa login
Halaman Home Page lucu.ga sebelum login

Gambar diatas ditampilkan apabila kita membuka halaman depan tanpa login. Di artikel sebelumnya kita sudah melihat tampilan home page dalam keadaan login dimana ada gambar profil dibagian kiri atas serta beberapa menu yang berderet rapi kebawah. Kali ini ketika tidak login gambar profil dan menu dibawahnya tidak tampil itu tidak masalah yang masalah adalah tidak ada menu register untuk calon member baru. Saya akan membuatnya sekarang.

MEMBUAT HALAMAN REGISTRASI DI BUDDYPRESS

Agak susah mencari tahu bagaimana membuat/mengaktifkan menu dan halaman pendaftaran (registration). Ternyata solusinya ada di Dashboard – Setting – General lalu centang Anyone can register. Untuk pilihan New user default role nya saya pilih Contributor.
wordpress membership anyone can register
cara mengaktifkan menu register 

Kemudian saya pergi ke Dashboard – Setting – BuddyPress pilih Menu Pages. Dibagian bawah ada pilihan untuk register dan activate dua-duanya saya pilih sample page. selesai
cara membuat form register buddypress bp magic
cara membuat halaman register dan activate

Sekarang coba buka halaman home page lucu.ga dalam keadaan tidak login maka akan muncul menu register berdampingan dengan menu sign in di bagian paling atas sebelah kanan. Dibagian sidebar kanan paling atas juga ada.
tampilan form register buddypress wordpress
menu register ditampilkan

Sekarang saya akan coba membuat akun baru dengan cara klik menu register yang baru saja dibuat. Form register ditampilkan semua field yakni Username, Email, Password, dan Konfirm Password wajib diisi.
form akun baru wordpress sosial media
form registrations

Klik Next, form profile details di tampilkan. Isi nama sesuai selera anda, nama ini akan ditampilkan di setiap aktifitas anda.
masukkan profil detail
masukkan nama yg ingin ditampilkan pada publik

Klik Complete Sign Up
Proses pendaftaran sudah selesai namun akun indra belum bisa login sebelum melakukan aktifasi. Berhubung internet saya lagi kehilangan sinyalnya saya akan mengaktifkan akun indra secara manual dengan cara Dashboard – User, centang indra pilih activate lalu klik Apply. Selesai. Kapan-kapan saya akan coba melakukan aktifasi akun baru melalui email, mudah-mudahan bisa ya^^.

Barusan saya menemukan Pop up di dashboard katanya begini : Each BuddyPress Component needs its own WordPress page. The following WordPress Pages have more than one component associated with them: Sample Page. Ada yang paham gak kira-kira ? kalau menurut saya yang ilmu bahasa inggrisnya Cuma segede upil ini maksud popup itu kurang lebih begini : Setiap komponen buddypress membutuhkan halaman wordpressnya masing-masing. Halaman wordpress berikut ini memiliki lebih dari satu komponen yang berasosiasi dengannya. Jadi solusinya mungkin begini, Dashboard – Pages – Add New ketik Activate pada form Title lalu klik Publish. Pergi ke Dashboard – Setting – BuddyPress pilih menu Pages di bagian bawah (activate) pilih Activate. Lagi Dashboard – Pages – Add New ketik Register pada form Title lalu klik Publish. Pergi ke Dashboard – Setting – BuddyPress pilih menu Pages di bagian bawah (Register) pilih Register.

Saya juga menemukan warning saat pergi ke Dashboard – Setting – General, begini katanya “An unexpected error occurred. Something may be wrong with WordPress.org or this server’s configuration. If you continue to have problems, please try the support forums. (WordPress could not establish a secure connection to WordPress.org. Please contact your server administrator.) inC:\xampp\htdocs\lucu\wp-admin\includes\translation-install.php on line 59”. Kalo yang ini saya belum tahu solusinya, mungkin ada pembaca yang bisa hehe. Atau kalau tidak saya masukkan ke pr saja
4.      Error General Setting
Sepertinya saya sudah menemukan solusi untuk pr no. 4 tinggal koneksikan ke internet insyaAllah masalah selesai.

CARA UPLOAD FOTO PROFIL

Ok sekarang saya akan masuk dengan akun Indra dan mengeksplor hal apa saja yang member (Bukan Admin) bisa lakukan setelah login. Mulanya saya upload foto profil dengan cara klik menu profile di sidebar kiri, klik change profile Photo lalu klik select your file dibagian bawah. Bisa juga dengan cara drag and drop ke kolom tersebut. Lakukan sedikit pengaturan agar foto terlihat proporsional lalu klik crop. Selesai
upload foto profil berhasil
upload foto profil berhasil

Gimana ganteng gak fotonya, itu bukan foto saya loh hehe :malu:
Lanjut saya akan update beberapa status salah satunya menggunakan fitur mention.
update status
Indra lagi update status nie #cieieeee
mention teman sosial media
indra mention admin di statusnya #eaaaaa

Untuk sementara hanya itu yang member bisa lakukan. Lebih lengkapnya berdasarkan menu yang ada di sidebar kiri saya coba jelaskan kembali menu apa saja yang bisa di akses dan apa saja yang member bisa lakukan dengan menu tersebut. Mungkin ini sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya, tapi tidak apa-apa saya ulang kembali untuk memperjelas.

Activity : Member bisa update status, melihat siapa saja yang mementionnya, melihat favorites, dan groups.
Profile : Member bisa merubah nama profil dan foto profil.
Notifications : Member bisa melihat pemberitahuan yang sudah dibaca dan yang belum dibaca.
Groups : Member bisa melihat Group Membership dan Invitations
Settings : Member bisa merubah password dan email. Member bisa mengelola pemberitahuan apa saja yang boleh dikirim ke email. Member juga bisa menghapus akun disini.
Log Out : Member bisa keluar dari halaman member.

Saya akan Log Out dan masuk dengan akun zahira. Satu notifikasi masuk tapi sebelum saya membuka notifikasi saya akan merubah foto profil dulu. Karena tadinya foto profil akun zahira menggunakan foto profil gravatar yang hanya bisa tampil apabila terkoneksi ke internet. Saat kursor diarahkan ke menu notifikasi (samping menu My Account) muncul tulisan “Indra mentioned you” sayangnya saat di klik tidak langsung mengarah ke halaman mention tapi ke halaman personal. Saya jadikan pr saja ini
5.      Link Notification perlu dirubah
Saatnya membalas status Indra
membalas status
admin komen di status indra #kode

Masih ingat cara membuat menu member dan activity yang berada di bagian atas (menu navigasi) ? sekarang saya akan menambah satu menu lagi caranya Dashboard – Appearance – Menu, centang Groups dalam kolom Pages lalu klik Add to Menu terus klik Save Menu. Menu Groups sudah tampil di halaman home page. Sekarang saya akan Log Out dan menambah satu akun lagi biar ramai hehehe. Akun Ratna sudah ditambahkan bedanya dengan akun Indra, akun Ratna ini di set sebagai Author bukan contributor. Jangan lihat ke bawah!
gadis cantik 100% igo
coba yang jadi admin ini ya pasti rame deh situsnya ^^

Pasti salah focus dah haha

MEMBUAT GROUP BARU DENGAN BUDDY PRESS

10 – 8 – 2016 : Dengan akun Ratna ini saya akan membuat Group baru caranya :  Klik menu Groups yang baru saja dibuat boleh juga dengan mengetikkan url : http://localhost/lucu/groups/. Klik Create a Group. Isi nama group pada kolom pertama, lalu jelaskan mengenai group tersebut pada kolom berikutnya. Lalu klik Create Group and Continue
membuat group baru buddypress wordpress
cara membuat group baru di buddypress

Halaman Setting ditampilkan. Dibagian atas ada opsi untuk privasi, dibagian ini Ratna diberikan tiga pilihan, kasihan Ratna pasti dia sedang galau.
Pilihan #1 – This is a public group
-          Siapa saja yang sudah menjadi member lucu.GA boleh bergabung
-          Group ini akan di tampilkan di direktori group dan di halaman hasil pencarian
-          Konten dan aktifitas group boleh dilihat oleh member anggota maupun yang bukan anggota group.

Pilihan #2 – This is a private group
-          Hanya member yang dipilih saya yang boleh bergabung
-          Group ini akan di tampilkan di direktori group dan di halaman hasil pencarian
-          Conten dan aktifitas group hanya bias dilihat oleh member yang sudah menjadi anggota group.

Pilihan #3 – This is a hidden group
-          Hanya member yang di undang yang boleh bergabung
-          Group ini tidak akan ditampilkan di group direktori juga di halaman hasil pencarian
-          Conten dan aktifitas group hanya bias dilihat oleh member yang sudah menjadi anggota group.
Dibagian bawah ada opsi untuk Group Invitations (Member group yang mana yang boleh mengundang anggota baru ?)
1)      All Group members (semua member group boleh mengundang)
2)      Group admin and mods only (Hanya Admin dan moderator yang boleh mengundang)
3)      Group admin only (Tidak ada yang boleh mengundang kecuali admin)

Oke Ratna sudah memutuskan untuk privasi Ratna memilih This ia a public group dan untuk Invitations Ratna memilih All Group Members. Langsung klik Next Step.
Langkah terakhir Ratna diminta untuk mengupload gambar yang akan digunakan sebagai avatar group Meme. Kalau sudah di upload tinggal klik finish
cara membuat avatar group forum
upload gambar sebagai avatar group meme

Group Meme sudah dibuat dimana Ratna sebagai adminnya. Kalo adminnya kayak begitu groupnya pasti rame ya hehehe
group baru berhasil dibuat
group meme berhasil dibuat adminnya cantik euy

Berhubung Ratna sudah selesai dengan groupnya, saya akhiri dulu sampai disini. Sampai jumpa di artikel berikutnya ^^

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔